Dua Jam, Rp101 Juta untuk Palestina

Dua Jam, Rp101 Juta untuk Palestina

KUNINGAN- Seribuan massa dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Kuningan menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di halaman Masjid Syiarul Islam, Jumat (28/5). Dalam aksi bela Palestina tersebut juga dilaksanakan penggalangan dana hingga terkumpul donasi sebesar Rp101 juta.

Aksi yang digelar usai Salat Jumat tersebut diisi dengan orasi kemanusiaan dan penggalangan dana. Selain diikuti berbagai elemen masyarakat meliputi ormas, OKP, dan organisasi mahasiswa, ulama serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) juga dihadiri Bupati Kuningan Acep Purnama dan Wabup M Ridho Suganda, didampingi Dandim 0615 Letkol Czi David Nainggolan, Ketua MUI, Ketua DKM Syiarul Islam dan beberapa anggota DPRD Kuningan dserta sejumlah kepala dinas.

Aksi bela Palestina yang digelar perdana di Kabupaten Kuningan ini diawali orasi kemanusiaan oleh koordinator aksi Andi Budiman Marzuki. Dalam orasinya Andi menyampaikan kecaman atas serangan tentara Israel terhadap warga Palestina sebagai bentuk tindakan biadab dan tidak berperikemanusiaan.

Andi mengatakan, penjajahan yang dilakukan Israel terhadap bangsa Palestina jelas-jelas bertentangan dengan amanah konstitusi bangsa Indonesia. Di mana dalam UUD 1945 menyebutkan, kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Sementara itu Ketua DKM Syiarul Islam KH Yayan Sofyan menambahkan, penderitaan yang dialami warga Palestina adalah juga penderitaan kita semua. Oleh karena itu, Yayan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Kuningan untuk turut berempati dan memberikan dukungan kepada saudara muslim di Palestina baik secara moril maupun materil.

“Hari ini kita berkumpul bersama di halaman Masjid Syiarul Islam untuk menunjukkan rasa empati atas penderitaan kemanusiaan yang terjadi di Palestina. Air mata Palestina adalah air mata kita semua, darah Palestina adalah darah kita juga. Sebagai salah satu wujud dukungan kami, dana yang terkumpul dari infak jamaah salat Jumat hari ini kita donasikan seluruhnya untuk Palestina,” ungkap Yayan.

Sementara Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi kegiatan aksi solidaritas kemanusiaan untuk Palestina tersebut. Menurutnya, hubungan Indonesia dengan Palestina sudah sangat dekat ibarat saudara kembar. “Seperti kita ketahui bersama, negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 adalah Palestina. Maka sudah seharusnya kita menyatakan dukungan atas kemerdekaan bangsa Palestina dari penjajahan Israel,” ujar Acep.

Dalam kesempatan itu, Acep memanjatkan doa agar Palestina segera merdeka dan untuk Israel diberikan kesadaran untuk tidak melakukan penjajahan kembali. “Saya mengutip pernyataan Presiden RI pertama Bug Karno, bahwa selama kemerdekaan belum diberikan kepada bangsa Palestina dari penjajahan Israel, maka Indonesia akan tetap berdiri untuk menentang Israel. Hari ini kita tunjukkan pernyataan Bung Karno tersebut dalam aksi bela Palestina,” tegasnya.

Aksi kemanusiaan untuk Palestina yang diikuti sekitar seribu massa ini berlangsung hingga menjelang azan Asar berkumandang. Selama aksi, tampak sejumlah petugas dari Polres Kuningan dan TNI serta Satpol PP berjaga mengamankan jalannya aksi supaya aman dan tetap kondusif. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: